Jumat, 19 April 2013

Pentingnya Organisasi dalam Pencapaian Kesuksesan

Penulis: M. Abid Ulil Albab A.f (kader HMI Kom. Syariah IAIN Walisongo Semarang)
Seorang mahasiswa diharapkan tidak hanya tekun dalam akademik, tetapi juga didorong untuk aktif di berbagai kegiatan di dalam organisasi intra maupun ekstra kampus. Sebab, kunci kesuksesan selain aktif dalam proses belajar juga aktif dalam organisasi kemahasiswaan. Pastinya masih banyak orang yang berpikir bahwa sukses hanya bisa diraih dengan belajar dalam konteks kegiatan dimana kita hanya berkutat dengan buku-buku pelajaran ataupun pengetahuan lain dengan suntuknya tanpa ada praktek nyata. Belajar pelajaran eksakta saja tidak cukup, atau hanya membaca berbagai buku motivasi ataupun buku-buku kiat sukses mencapai sesuatu. Semua itu tersimpan di dalam otak dan bila dipraktekkan pun mungkin kesuksesannya tidak seberapa.
Menurutku untuk mencapai kesuksesan secara penuh adalah dengan ikut berorganisasi, bersosialisasi dengan orang lain melalui organisasi, dan mengetahui kerasnya cara berpikir orang lain yang menjadi sebuah pelajaran sekaligus pengalaman hidup yang tidak bisa didapatkan hanya dengan membaca buku dan belajar di kelas.Orang sukses bukanlah orang yang hanya menghabiskan waktunya dengan berbagai buku pelajaran tetapi dibalik kesuksesan itu ada sebuah pengalaman, dan pengalaman tentang kehidupan kebanyakan bisa didapatkan di organisasi.
Beberapa aspek kesuksesan yang mungkin bisa kita dapatkan dari berorganisasi yaitu: 
A: Aku Senang
Dalam berorganisasi kita bisa menikmati proses yang sedang berjalan. Prinsip aku senang disini berarti seseorang merasa tulus dan ikhlas berada dalam sebuah organisasi tanpa ada keterpaksaan dan rasa tidak nyaman. Prinsip aku senang akan dapat meningkatkan kinerja seseorangsehingga menghindarkan diri dari sikap bermalas-malasan.

B: Berusaha
Dari organisasi  yang baik, kita bisa belajar untuk berusaha maju dan berpikir kedepan dengan cara yang baik. Sebuah organisasi bisa menghikmahikita semangat berusahauntuk maju, tidak mau kalah dengan kemajuan organisasi lain, danmencobamenanamkan sebuah motivasi kepada anggotanya untuk selalu punya semangat progresif.

I: Iman
Setiap organisasi yang baik dilandaskan oleh suatu pegangan yang bisa menuntun langkah ke jalan yang benar. Banyak organisasi yang tidak berlandaskan atas keimanan seperti geng-geng motor, organisasi para preman, organisasi kejahatan, dan sebagainya yang sama-sama ingin mencapai suatu misi tertentusehingga tujuannya pasti akan negatif. Untuk itu setiap organisasi yang baikyang dilandasi keimanan akan mengarahkan anggotanya untuk menanamkan ideologi keagamaan dan mempunyai tujuan memperjuangkan agama secara tuntas sehingga tujuannya pun akan positif.

D: Disiplin
Dengan kita disiplin mengikuti kegiatan dalam organisasi kita akan bisa mencegah kegiatan yang sia-sia atau buang-buang waktu (wasting time) yang dapat menghancurkan kemajuan hidup. Dengan kita disiplin dan sudah terbiasa dengan itu maka jugaakan menghindarkan sikap terburu-buru dari pekerjaan. 
Selain itu sebuah organisasi juga dapatmengarahkan anggotanya untuk bersifat inovatif. Jika sistem yang lama tidak bekerja dengan baik makakita akan bikin sistem baru yang lebih baik,tidak terpaku dengan sistem lama karena dunia ini menuntut perubahan. Kemudian sebuah produk-produk sebagai ciri maupun penemuan yang bermanfaat akan terus tercipta untuk mengkokohkan eksistensi sebuah organisasi.
Organisasi sangatlah diperlukan sebagai pengalaman hidup untuk meraih kesuksesan namun tetap tanpa mengabaikan pelajaran akademik. Pengalaman adalah guru terbaik, sedangkan ilmu adalah pengalaman terbaik. Jadi ilmu adalah faktor tertinggi pencapaian manusia dalam berinteraksi dengan manusia lainnya baru kemudian berusaha meraih guru terbaik yakni pengalaman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar