Sabtu, 20 April 2013

Tokoh Inspiratif Dari Kampung



TOKOH inspiratif dan kharismatik—yang berpengaruh luas dalam banyak bidang—di Indonesia, tidak banyak. Berbagai tokoh, baik presiden, menteri, konglomerat, politikus, pengusaha mempunyai keunikan dan kelebihan tersendiri yang perlu diteladani. Tokoh teladan tersebut sebagai sumber panutan yang inspiratif bagi masyarakat. Apalagi jika tokoh berpengaruh tersebut juga memiliki prestasi dan dikenal di dunia internasional.
Itulah sebabnya mengapa, penampilan, ucapan dan tindak-tanduk tokoh berpengaruh tersebut selalu menjadi sorotan, perhatian dan dinantikan media massa dan masyarakat luas. Menjadi seorang tokoh yang berpengaruh dan pemimpin yang baik bukanlah hal yang mudah. Tidak sedikit tokoh pemimpin gagal dalam menjalankan perannya. Bahkan banyak pula pemimpin yang tidak disenangi oleh bawahan dan masyarakat umum.
Di Indonesia, (dengan kelemahan dan kelebihan masing-masing) agaknya kita perlu melihat dan berguru pada kepemimpinan 10 tokoh inspiratif yang punya kharisma, pengaruh, ambisi dan unik. 10 Tokoh itu adalah, Chairul Tanjung, Dahlan Iskan, Surya Paloh, Joko Widodo, Prabowo Subianto, Aburizal Bakrie, Jusuf Kalla, Ir. Ciputra, Harry Tanoe Soedibjo, dan Bob Sadino. Dari kesepuluh tokoh inspiratif yang ditulis dalam buku ini, banyak hal-hal positif yang perlu diteladani. Baik dalam hal ketokohan, politik, bisnis, pengusaha, maupun ketokohan secara umum di masyarakat. (hal. iv)
Kenapa kita harus baca buku ini, banyak buku lainnya yang berbicara mengenai tokoh-tokoh tersebut?. Jawabannya, Pertama, karena penulis, M. Mufti Mubarak, merupakan salah satu orang yang dekat dengan ke sepuluh tokoh tersebut. Sehingga penulis tahu betul bagaimana sifat dan karakteristik para tokoh yang sebenarnya. Ada kata bijak yang mengatakan jika anda ingin tahu tentang seseorang lihatlah kawannya. Dalam artian tanyakan kepadanya tentang orang yang ingin anda ketahui tersebut.
Kedua, karena ketangkasan penulis  memilih para tokoh, dimana penulis memilih tokoh-tokoh inspiratif yang berasal dari kampung. Bukan tampa alasan pilihannya pada orang kampung. Ini dapat kita baca sebagai ajakan untuk orang kampung dan miskin untuk berpikiran maju dan bangkit, pantang menyerah. Biasanya orang kampung dan miskin itu adalah orang yang paling gampang menyerah, dan takut bercita-cita tinggi. Pandangan itulah yang ingin penulis rubah.
Ketiga, karena buku ini ditulis oleh penulis yang profesional, dimana penulis sudah menulis 100 buku best seller, sehingga untuk kepastian menarik dan bermamfaatnya buku ini sudah teruji secara kualitas.
Kisah perjuangan, pantang menyerah, optimis dan bangkit dari keterpurukan, hingga pencapaian puncak kesuksesan setiap tokoh menghiasi setiap halaman dari buku ini. ( T. Saifullah, kader HMI Kom. Syariah IAIN Walisongo Semarang)

Judul buku: Anak Kampung Paling Fenomenal
Penulis : M. Mufti Mabarok
Penerbit : Indomedia Group
Tahun  : November 2012
Tebal : 235 halaman
Harga : Rp. 40.000




Tidak ada komentar:

Posting Komentar