Jumat, 07 Juni 2013

Panduan Menjadi Mahasiswa Sukses



Judul Buku : Scholar : Panduan Untuk Menjadi Mahasiswa Sukses
Penulis : J.L. Michell Suharli
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Tahun Terbitan : Januari, 2012
Harga : Rp. 45.000,

Pada masa sekarang ini kita mendapati banyak mahasiswa yang membuang energi dan waktu pada hal-hal yang tidak berguna, seperti pesta pora, mabuk-mabukkan dan mengonsumsi obat-obat terlarang. Kebanyakan dari mereka berpaham bahwa masa muda adalah masa untuk bersenang-senang. Akan tetapi mereka sepertinya tidak mampu melihat bahwa, dalam jangka panjang, apa yang mereka lakukan sesungguhnya hanya akan membawa mereka kedalam keadaan yang penuh  dengan kekecewaan dan frustasi.


Memang benar masa muda adalah masa yang penuh dengan kebahagian karena pada masa ini kita tidak memiliki banyak hal yang harus dikhawatirkan, tidak mempunyai beban mental yang berat. Akan tetapi masa muda juga merupakan masa dimana  kesuksesan masa tua sedang dirintis, kebahagian dan kesuksesan masa tua akan sulit didapati jika tidak dipupuk sejak masa muda. (hal. 35)

Permasalahan inilah yang ingin diperjelas J.L. Michell Suharli kepada generasi muda khususnya mahasiswa dalam bukunya, Scholar : Panduan Untuk Menjadi Mahasiswa Sukses. Buku Scholar ini mempersembahkan cerita ringan namun sangat inspiratif dan mampu mengubah paradigma seseorang untuk menjadi pemenang sedari bangku sekolah. Dengan membaca buku ini kita diajarkan bahwa kesuksesan tidak datang pada orang yang menyia-nyiakan masa muda, tidak pula pada orang yang mudah putus asa dan menyepelekan disiplin, kesuksesan juga tidak datang sebagai anugerah takdir.

Sejarah dunia dipenuhi oleh cerita orang-orang hebat, yang hampir semua dari mereka merintis kesuksesannya sejak masa muda. Kita sering mendengar nama Leonardo Davinci, Thomas Alfa Edisond, Volta dan banyak penemu lainnya, yang mereka semua terkenal dengan orang-orang yang sangat disiplin, pantang menyerah dan tidak pernah menyia-nyiakan waktu. Dunia menghargai mereka, dengan mengabadikan nama mereka sebagai para  ilmuan.

Kisah hidup orang-orang hebat ini telah membawa kita pada sebuah kesimpulan, bahwa kesuksesan tidak datang pada orang yang menyia-nyiakan masa muda, tidak pula pada orang yang mudah putus asa dan menyepelekan disiplin, kesuksesan juga tidak datang sebagai anugerah takdir. Kesuksesan akan menyelimuti mereka yang sejak dini telah mempunyai motto,”buah kerja keras jauh lebih manis ketimbang sebuah hadiah”.

Membaca tulisan Michell Suharli, kita seakan-akan berada dalam situasi yang digambarkannya. Dengan gaya penulisan yang ringan  dan menarik, kita diajak menjadi bagian dari tokoh yang diceritakan. Buku ini sungguh inspiratif dan menggugah siapa pun yang membacanya untuk merefleksi impian masa depan, berupaya secara aktif, dan bersikap pantang menyerah, serta yang terpenting adalah tetap berbuat baik tanpa henti.

Peresensi : Teuku Saifullah, kader Kom. Syariah IAIN Walisongo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar